Giat Literasi: Menumbuhkan Cinta Membaca di SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru
Qardhan Hasana Berliterasi

By Administrator 28 Okt 2025, 13:00:25 WIB Artikel
Giat Literasi: Menumbuhkan Cinta Membaca di SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru

Gambar : Antusias Murid SD IT Qardhan Hasana Banjarbaru


Salah satu program unggulan Perpustakaan SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru dalam menumbuhkan budaya baca dan kecintaan terhadap buku adalah “Giat Literasi”, sebuah kegiatan literasi rutin yang dilaksanakan setiap minggu di perpustakaan sekolah. Kegiatan ini menjadi bagian dari program kerja perpustakaan yang dirancang untuk membentuk karakter gemar membaca dan meningkatkan kemampuan literasi siswa sejak dini.

Menjadikan Perpustakaan Sebagai Ruang Hidup Literasi

Perpustakaan SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru bukan sekedar tempat meminjam buku. Lebih dari itu, perpustakaan kini menjadi ruang hidup bagi kegiatan literasi yang menyenangkan, interaktif, dan inspiratif. Melalui Giat Literasi, siswa diajak berinteraksi dengan berbagai koleksi buku, mengenal fasilitas-fasilitas baru yang ada di perpustakaan, serta menikmati berbagai kegiatan menarik yang dirancang sesuai usia dan kebutuhan mereka.

Selain sebagai pusat belajar dan membaca, perpustakaan juga berfungsi sebagai ruang rekreasi edukatif. Siswa datang tidak hanya untuk membaca buku, tetapi juga untuk bersantai sambil menikmati suasana yang nyaman, cerah, dan penuh warna. Dengan desain interior yang ramah anak, dekorasi tematik, serta sudut-sudut baca yang menarik, perpustakaan menjadi tempat favorit bagi banyak siswa untuk melepas penat sambil tetap dekat dengan dunia literasi. Ditambah lagi di perpustakaan juga memiliki beberapa permainan edukatif seperti role play, smart tablet, smart Hafiz Al-Qolam dan masih banyak juga permainan lainnya.

Setiap hari, perpustakaan menerima kunjungan dari satu rombongan belajar (rombel) sesuai jadwal yang telah disusun. Dari kelas 1A sampai kelas 6 D mendapat jadwal giliran. Total terdapat 24 rombongan belajar yang mengikuti kegiatan ini secara bergiliran setiap minggunya. Dengan jadwal yang tersusun rapi, setiap siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk menikmati momen literasi bersama teman-temannya di perpustakaan.

Kegiatan Giat Literasi dikemas dalam bentuk storytelling atau bercerita interaktif bagi kelas 1 dan 2. Pustakawan atau guru pendamping membacakan cerita-cerita inspiratif dengan gaya yang menarik, ekspresif, dan melibatkan siswa secara aktif. Anak-anak diajak menebak jalan cerita, menyebutkan tokoh favorit, hingga mengekspresikan pesan moral dari kisah yang mereka dengar. Kegiatan storytelling ini tidak hanya menumbuhkan minat baca, tetapi juga melatih imajinasi, kemampuan berbahasa, dan empati siswa. Banyak siswa yang antusias meminta untuk meminjam buku cerita yang telah dibacakan, bahkan beberapa di antaranya mulai mencoba membaca sendiri di rumah.

Sementara itu, untuk kelas yang lebih tinggi, kegiatan literasi juga diisi dengan pengenalan fasilitas-fasilitas baru yang ada di perpustakaan. Perpustakaan SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru menghadirkan berbagai inovasi menarik seperti pojok baca tematik, rak rekomendasi buku populer, serta sudut eksplorasi digital yang memungkinkan siswa mengakses bahan bacaan interaktif. Melalui pengenalan fasilitas tersebut, siswa diajak mengenal dunia literasi dengan cara yang lebih luas dan modern. Mereka tidak hanya membaca buku cetak, tetapi juga belajar memanfaatkan teknologi secara bijak untuk menambah pengetahuan.

Kegiatan Giat Literasi bukan sekadar rutinitas, tetapi telah menjadi bagian dari budaya sekolah. Setiap kunjungan ke perpustakaan selalu membawa semangat baru. Siswa belajar untuk datang tepat waktu, menghargai giliran, menjaga ketertiban, dan tentu saja—menghargai buku sebagai sumber ilmu.

Guru dan pustakawan juga berperan aktif dalam mendampingi siswa selama kegiatan berlangsung. Mereka membantu memilih buku sesuai minat dan tingkat kemampuan baca, memberikan motivasi, serta membimbing siswa untuk menyimpulkan isi bacaan dengan bahasa mereka sendiri. Dari sinilah proses berpikir kritis, kreatif, dan reflektif mulai terbentuk.

Selain memperkuat kemampuan literasi, Giat Literasi juga menjadi sarana efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Melalui cerita dan aktivitas literasi, siswa diajak mengenal nilai kejujuran, tanggung jawab, rasa ingin tahu, serta semangat berbagi. Kegiatan ini sejalan dengan visi SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru untuk membentuk generasi Qurani yang cerdas, berakhlak, dan cinta ilmu.berakhlak, cerdas dan cinta ilmu.

Melalui Giat Literasi, SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru telah membuktikan bahwa menumbuhkan cinta membaca bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan berkelanjutan. Setiap halaman buku yang dibuka, setiap cerita yang dibagikan, dan setiap tawa yang terdengar di perpustakaan adalah langkah kecil menuju generasi pembelajar sejati.(M/03/10)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment